Rahasia QS. An-Nur: 26 tentang Jodoh

”Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rizki yang mulia (surga).”

Ayat ini diturunkan untuk menunjukkan kesucian ‘Aisyah r.a. dan Shafwan bin al-Mu’attal r.a. dari segala tuduhan yang ditujukan kepada mereka. Pernah suatu ketika dalam suatu perjalanan kembali dari ekspedisi penaklukan Bani Musthaliq, ‘Aisyah terpisah tanpa sengaja dari rombongan karena mencari kalungnya yang hilang dan kemudian diantarkan pulang oleh Shafwan yang juga tertinggal dari rombongan karena ada suatu keperluan. Kemudian ‘Aisyah naik ke untanya dan dikawal oleh Shafwan menyusul rombongan Rasullullah SAW. dan para shahabat, akan tetapi rombongan tidak tersusul dan akhirnya mereka sampai di Madinah. Peristiwa ini akhirnya menjadi fitnah dikalangan umat muslim kala itu karena terhasut oleh isu dari golongan Yahudi dan munafik; jika telah terjadi apa-apa antara ‘Aisyah dan Shafwan. Masalah menjadi sangat pelik karena sempat terjadi perpecahan diantara kaum muslimin yang pro dan kontra atas isu tersebut. Sikap Nabi juga berubah terhadap ‘Aisyah, beliau menyuruh ‘Aisyah untuk segera bertaubat. Sementara ‘Aisyah tidak mau bertaubat karena tidak pernah melakukan dosa yang dituduhkan kepadanya, ia hanya menangis dan berdoa kepada Allah agar menunjukkan yang sebenarnya terjadi. Kemudian Allah menurunkan ayat yang menunjukkan kepada kaum muslimin bahwa Rasulullah adalah orang yang paling baik maka pastilah wanita yang baik pula yang menjadi istri beliau, yaitu ‘Aisyah r.a.

Jika kita hubungkan dengan kehidupan kita saat ini, ayat ini menunjukkan bahwa sebenarnya setiap orang pasti ada pasangannya (jodohnya) masing-masing, yaitu yang sesuai dengan tingkatannya (kufu’nya). Sesuai dengan tingkatan yang saya maksud adalah setara jumlah kebaikannya, jumlah kekurangannya, setara ilmunya (kealimannya), setara dosa-dosanya baik yang telah dilakukan maupun yang akan dilakukan (Allah Maha Tahu apa yang akan terjadi). Jadi, seorang laki-laki ahli maksiyat sebaiknya tidak perlu memimpikan seorang santri putri yang suci, atau seorang wanita nakal tidak perlu memimpikan seorang ustad yang baik.

Namun, jika kenyataannya tidak selalu demikian dalam pandangan kita, wallahu a‘lam. Allah lebih tahu apa yang sebaiknya terjadi, apa yang baik buat hamba-Nya. Meski kadang-kadang kita tidak bisa menalarnya, karena yang kita ketahui cuma sedikit.

Berkenaan dengan masalah jodoh ini, saya ingin menyarankan kepada teman-teman yang masih lajang (termasuk saya sendiri, hehehe.. :)) untuk mendambakan seorang yang tingkatannya lebih baik dari kita. Hal ini akan memotivasi kita untuk memperbaiki diri dan berusaha mencapai tingkatan yang sama dengan dambaan kita tadi agar Allah merestui dan kemudian menjodohkan kita dengannya, amin.

87 responses to “Rahasia QS. An-Nur: 26 tentang Jodoh

  1. Assalamualaikum..
    Wallahu a`lamu bis showab..
    Kita tdk tahu siapa jodoh kita nanti..
    Yang penting kita harus berusaha menjadi lebih baik, dengan begitu Insya Allah kita akan mendapatkan pendamping hidup yg baik pula. Amin :)

  2. assalamualaikum…

    saya mah setuju banget dengan apa yang ditulis…

    kalu laki2 sholeh pasti jodohnya ya wanita sholehah

    intinya ya itu tadi.. se kufu….

    semoga kita dapet jodoh yang terbaik ya..

    Amiinn..

    di aminin yah…^_^

  3. assalamualaikum….

    tulisan mas bagus2… doakan juga saya dapat jodoh yang baik yah…

    amiiinnn….

  4. Assalamu alaikum….
    setelah saya amati perkembangan dari jalan hidup yang telah saya dapatkan, saya telah mengambil kesimpulan bahwa ALLAH itu bekerja secara misterius mengenai 3 hal yaitu ajal, jodoh, rejeki. Saya telah mengalami banyak pengalaman dibidang asmara ini, setelah saya jalani suatu hubungan saya selalu yakin kalau nanti pasangan saya itu adalah jodoh saya, akan tetapi kenyataannya berbeda, padahal saya selalu menjalani setiap hubungan dengan serius.??
    sampai2 saya pernah meminang seorang perempuan dan akan menikahinya di tahun ini, akan tetapi perempuan itu di tengah-tengan jalannya hubungan langsung memutuskan dan membatalkan rencana pernikahan kami. Perasaan yang saya alami pada waktu itu sudah bercampur aduk, akan tetapi setelah melihat, mendapatkan, dan mendengarkan surah ini secara tidak sengaja di Internet maka hati saya secara otomatis terbuka walaupun masih ada keraguan didalamnya, akan tetapi surah ini sudah bisa membuat hati saya tenang pada waktu itu. Tiada daya, upaya dan kekuatan yang bisa mengalahkan kekuasaan ALLAH SWT dimuka bumi ini…..itulah kesimpulan yang bisa saya utarakan. Mohon maaf jika ada salah2 kata dan ucapan dari saya…..

    wassalamu alaikum

  5. Assalamualaikum…..

    iya bener banget….
    dengan mendambakan insan yang lebih baik drpd kita
    tuk memotivasi kita tuk mengubah diri kita jd lebih baik lagi.
    karna memang manusia tidak boleh jalan ditempat
    ^_^
    usahakanlah hari ini lebih baik drpd kemarin….

    terus menulis dan dakwah ea…
    mel dukung..
    ^_^

  6. assalammualaikum….
    siapa pun jodoh kita nanti,semoga itu yang terbaik yang diberikan ALLAH SWT kepada semua…amin

  7. Fiuh..
    (curhat mode : on)

    pak dhe mau nanya pendapat nih ane,,
    kan critanya saya lagi berhubungan ma cew, tapi slalu bertengkar,, sampai klimaksnya kita putus :'(

    tapi kliatannya ane masi ngg bisa ngilangin dia sedetikpun dari pikiran ane..

    rencananya ane mw nglamar si cew sung ke jogja nih, padahal ane masi mahasiswa sem 3 yang berpenghasilan dari jadi assisten lab

  8. Waduh, klo udah berani nikah itu bagus. Apalagi sdh siap2 ancang2 mo khitbah (nglamar).

    OK, saran ane, istikhorohkan dulu niat ente, minta petunjuk sama yg Punya Kemauan (Allah), klo ati ente yakin dia yg terbaik, ajak keluarga ente bwt khitbah tuh cewek, klo diterima itu rejeki ente

    klo ditolak, yah diterima saja
    mgkn blm jodoh
    ingat, belum, bkn berarti tidak.

    ato mgkn jg jodoh ente orang lain

    yg penting ente husnudzon aja sm Allah

    Emg udah negebet??

  9. subbhannallah maha besar allah…

    makasih om, saya sangat terinspirasi dari tulisan ini…. Semoga Qta mendapat rahmat dari yang kuasa. amin ya robbal alamin…..

  10. Assalamualaikum..

    perkenalkan nama Saya Yulia, Saya sedang menghadapi sebuah masalah, yg Saya merasa sungguh berat menjalani ini. Saya merasa Allah sedang berbicara kepada Saya akan sesuatu yg dimiliki di dunia ini adalah milik Allah. Kita haruslah iklas, dan meyerahkan segala nya kepada Allah.

    Saya dan pasangan Saya sudah menjalani hubungan selama kurang lebih 2 tahun.
    sejauh ini yg saya jalani tidak ada masalah.
    antara kami berdua merasa cocok dan 1, seperti tidak ada sifat atau sikap yg menjadi penghalang besar.

    selama dua tahun itu, pasangan Saya pun kenal dengan kedua orang tua saya, dari diri pasangan saya tidak mempermasalahkan sikap dan sifat orang tua Saya. yang terpentinga adalah diri kami yg menjalani.

    Karena kami sudah merasa cocok, kami pun memutuskan untuk menikah.

    Pasangan Saya pun mengutarakan hal ini kepada orang tua saya. Orang tua Saya pun merasa setuju. dan meridhoi.

    pihak keluarga pasangan Saya pun yg lokasinya berjauhan yaitu di bandung pun setuju. karena penilaian atas pilihan pasangan diserahkan kepada pasangan Saya.

    Sampai suatu ketika, terjadilah tahap perkenalan, teryata suatu hal yg tidakdiharapkan pun terjadi, orang tua pasangan saya merasa tidak cocok dengan orang tua saya, hal ini alasanya karena sikap orang tua saya yg di mata orang tua saya “memaksakan kehendak”

    Saya dan Pasangan Saya binggung menghadapi ini, orang tua pasangan Saya menyarankan untuk kami agar beristhikharah dan meminta kepada Allah untuk menunjukan jalan, apakah benar kami berjodoh.

    Kami binggung, di satu sisi kami ingin memperjuangan ini, disatu sisi kami pun menyadari, apakah benar kami memang tidak berjodoh.

    dalam hal ini, sikap seperti apa yang harusnya kita lakukan.

    apakah kita harus mengiklaskan semuanya.
    tidak ada kah perjuangan terbaik yg dapat dilakukakn untuk memperjuangkan ini ?

    Saya mengharapkan bisa mendapatkan solusi terbaik untuk Saya dan pasangan Saya.

  11. lok geto g adil dunk lok baik dpt baik,buruk dpt buruk…..yg balance tug baik ma buruk so sapa teu bisa membimbing yg buruk..hahhhhh….kan bisa indah lok para ustad bisa bimbing seorang pelacur…amin…

  12. saya baru saja disadarkan oleh seseorang tentang ayat ini.
    Subhanallah, karena orang itu, saya sekarang sadar akan hal ini.
    tulisan anda bagus, inspiratif buat saya :)

  13. Memang dlm sbuah pernikahan bkn hnya pasangan brdua aj yg mnikah tp qt jg hrs mnikahkan antara kdua kluarga.n tu adl PR yg susah2 gampang.Sdkt tips u/ yg mo nikah trmsk tuk aq ndri, agar dr awl PDKT ma para mertua qt dg mncri tau ksenangan n hal yg dibenci o/ mertua.

  14. assalamualaikum,,,
    sebelumnya thanks dah kirim pesan buat ana….
    disini ana mau ngomentari masalah pra nikah
    memang bener yang tertulis di Qur’an surat an-nnur
    saya sebagai perempuan disini juga menginginkan untuk mendapat pasangan seorang imam dalam keluarga…dan yg paling utama adalah agama,,
    untuk itu marilah kita coba mulai dari sekrang untuk memperbaiki diri sendiri agar supaya dapat jodoh yang baik pula yg telah disiapkan oleh Allah untuk kaumnya
    dan harus saling mengerti atau yang seri8ng kita sebit dengan managemen keluarga
    wassalam

  15. Riwayat di atas adalah cerita tentang Sayyida ‘Aaisyah R.A yang di kenal dengan Hadiitsul Ifki dg sumber pencemarnya adalah Rooisul Munaafiqiin ‘Abdullooh bin ubai bin Saluul spt yang diriwayatkan Imam Bukhooriy dalam Shochiihnya…..Sekufu = sepadan dalam pasangan adalah syarat dalam pandangan Madzhab al Imam as Syaafi’iy R.A, dengan mempertimbangkan berbagai hal baik segi nasab, harta, bahkan wajah & ‘ilmu…tapi bukan berarti seorang yang tidak kafaa”ah tidak boleh mendambakan yanglebih darinya untuk memperbaiki diri bahkan keturunannya? malah nabi dlnm sabda Beliau yang artinya kurang lebih ” pilih wadah/tmpt air mani2 kalian ! maka sesungguhnya urat itu dasarannya” mksdnya kita di perintah untuk mencari wanita2 suci yang rahimnya belum pernah terisi air mani haram/hasil perzinaan . Juga beliau pernah mengatakan yang artinya krng lbh dmkian ” Sebaik2 wanita adalah yang paling murah MAHARnya”, jg ada ungkapan bahwa wanita mu”minah meskipun hitam legam lebih mulia dari pada cantik jelita bak BIDADARI tapi Kafiroh…..qita adalah hamba yang penuh dengan lumpur dosa, maka jangan sekali2 qta merasa diri qta adalah orang yang sholeh/ah dg amal yg telah qta lakukan karena dapat menjadikan Riya” & Ta’jub bhkn Takabur yang ini justru mendapat La’nat Allooh ! belum tentu orang yang qta pandang jelek dhohirnya adalah benar2 jelek tapi malah bisa jadi sebaliknya ? kecuali dia penyebar kekafiran, penganut Pluralist, Liberal, Sekuler or aliran2 sesat yang membahayakan Aqidah umat nabi Muhammad SAW, yang notabenenya diperintah oleh Allooh & Sang Rosul untuk memeranginya Dhoohir Baathin ! karena ini kemungkaran dan ma’siat yang sifatnya ‘aam = umum, sedangkan yang sifatnya pribadi kita wajib menutupinya misal jika qta lht dia berma’siat sesuai sabda Nabi : “Man sataro ‘uyuuba akhiihi fid dunyaa satarolloohu ‘uyuubahu yaumal qiyaamah” au kamaa qoola = Barang siapa menutupi ‘aib saudaranya ketika di dunia maka Allooh akan menutupi ‘aibnya kelak di hari Qiamat”, semoga Allooh menjadikan kepada qta orang2 yang selalu Husnuudhzon bimuslimiin, aamiin2 yaa Robbal “aalamiin walloohu A’lam bis Shouwaab

  16. mungkin ini hikmah kenapa sampai sekarang saya belum menikah atau belum ketemu jodoh, Allah memberi saya waktu untuk menaikkan level saya supaya dapat level yang tinggi pula :)

  17. subhanallah,mha kuasanya allah dlam mengatur sluruh kprluan makhluknya,,,

  18. amin3x mudah2 dapat yang terbaik dari allah

  19. Mantapp..!! Percaya Jodoh yang diberikan yang terbaik dari Allah untuk Qta =)

  20. bagus nih artikelnya. mampir juga ke blogku ya

  21. subkhanalloh… maha adil ALLAH saya stju bgt!! yang baik dapat yang baik yang jelek dapat yang jelek

  22. makanya kalau ud g tahan nikah aja cepat daripada zina (melakukan perbuatan yang dibenci oleh Allah)

  23. Intifadah Palestine

    (Jadi, seorang laki-laki ahli maksiyat sebaiknya tidak perlu memimpikan seorang santri putri yang suci, atau seorang wanita nakal tidak perlu memimpikan seorang ustad yang baik.)

    ” Kalo ane kurang Setuju dengan kata2 ente yang ini Bro, , Terlalu mendskirpsikan seseorang ”

    Sesungguh nya ALLA H Maha Tahu Atas apa yang akan terjadi !!!!!

  24. assalamualaikum…

  25. saat ini saya mendapat maslah yg berat,entah itu ujian atau apa.dulu saya adalah gadis berjilbab.. tapi ketika mulai ku temukan cowo yg kukira jodohku tu membuatku nakal dan ku dicampakan tu buatku brutal hilang arah. hingga skrg ku tersesat dilembah hitam yang penuh dosa.. sya ingin taubat kmbali kejalanya tapi tu sangat sulit.. sya tak mnemukan jalan terang.. apa yang msti sya lakukan?dosakah saya melepas jilbab?jalan mna yang harus sya plih untuk kmbali mnghrap ridhoNya.. sya bnr2 dlm kbingyngan.. saya mohon doa dr rekan2,smoga allah mmbuka jalan untuk saya kembali padaNya n smoga sgla dosa2 sya diampuni… aminn…

  26. Semoga Kita mendapatkan apa-apa yg terbaik bagi diri kita…
    Ammiiieeeennn yaa robbal Allamiieennn…….

  27. Berkaitan dgn ayat tsb, ada yg bisa menerangkan knp Nabi Luth yg seorang Nabi dipasangkan dgn seorang istri yg durjana (bhub dgn sesama jenis) serta Firaun Ramses yg kafir dan menentang Allah dianugerahi istri yg solikhah dan lembut hati bernanma Aisyah….

  28. Yang baru putus cinta bisa jadiin ayat ini untuk bisa mengikhlaskan semuanya pada Allah, jodoh ada di tangannya, yang terbaik bagi kita malahan :D

  29. Saya setuju sekali dengan ayat diatas, Manusia diciptakan dan sudah disetting secara alamiah umumnya akan mencari pasangan yang mirip dengan dirinya. Suatu pandangan yang tidak baku, tapi berlaku untuk kebanyakan. bahwa “mirip” ini bisa dari segi fisik (yang tampan akan lebih pede bisa punya pasangan yang cantik), ekonomi (ini hampir semua), kedudukan (contohnya pejabat jarang mencari buruh), golongan ( penganut kasta), kepandaian, keimanan, dll. Seorang muslimin tentunya punya mainset agama yang kuat, dalam hal mencari pasangan juga akan mengutamakan unsur agama untuk calon pendampingnya.

    Maaf jika pendapat saya itu salah, yang jelas bagi orang beragama pasti berfikir jodoh ada ditangan Tuhan.

  30. kajian yang menarik… !!!

  31. kalo fir’aun gmn???
    sgt bertolak sm istrinya..
    ada yng punya jawaban :-D

  32. mohon bantuannya

    8-D

  33. Subhanallah… artikelnya bs jd pencerahan bwt kita semua kawan.

  34. saya suka dg blok kamu..
    bagus..

  35. Terima kasih atas sharenya :). makin ngerti pemikiran seorang wanita yang dekat dengan saya saat ini yang merekomendasikan saya untuk mencari ayat tersebut :D

  36. alhamdulillah, skrg hatiQ jd lebih lapang menghadapi kenyataan ini.. insyaallah aku tak kan menyesal dengan keputusanku semalam “memilih sendiri dan hanya akan mencintai seseorang yang telah dihalalkan oleh allah swt untukku”.

    wlau rasanya brt mlpaskan sesuatu yang telah Q genggam selama 5 th………… melepaskan seseorang yang sangat aku cintai demi cinta yang sejati…….. cinta-Nya… tp Q percaya Allah tak kan menyiakan hamba-Nya yang cinta kepada-Nya…. doakan aku diberi kekuatan melewati semua ini:)

  37. Subhanallaah,,
    Alloh memang Maha Adil

  38. semua sudah di takdirkan oleh allah s.w.t ….. kalo emang jodoh pasti tidak akan dipersulit jalanya….amin

  39. wanita baik untuk laki-laki baik, atau sebaliknya, wanita keji untuk laki-laki keji, atau sebaliknya (QS.An-Nur:26).

    Ada seorang wanita yg bertanya : aku wanita baik kenapa ko berpasangan dengan pria yang keji/kejam?
    Answer:
    > satu mungkin dia harus instropeksi bahwa dia harus memperbaiki diri, keluhan kita mengenai kualitas pasangan mungkin sebaiknya lebih baik dihentikan, kalo kita merasa pasangan kita tidak menghormati kita, jadilah pribadi yang pantas dihormati, karna hukumnya kan wanita yang baik / wanita yang terhormat akan dipasangkan dengan pria yang menghormatinya.

    LOGIKANYA…..???
    > yang kedua kata KEJI apakah bisa berarti orang baik yang membiarkan dirinya disiksa, itu telah berlaku keji kepada dirinya sendiri, bisa begitu lohh, jadi kalo dikatakan orang yang KEJI cocok dengan orang KEJI,,, itu bisa saja orang BAIK yang KEJI kepada dirinya sendiri, membiarkan dirinya diperlakukan semena-mena.

    Tambahan hehee plus2….Lanjuuttt gan

    > karena wanita yang terbaik dan yang paling pastas dimiliki tidak bisa dimiliki, karena wanita itu sangat mandiri, kuat, tegas,,,, tidak mungkin laki-laki berani sembarangan memperlakukanya, jadi kalo begitu orang2 yang memilih untuk menjadi berwenang dalam kehidupanya, memilih berpikir dengan baik, memutuskan dengan baik, lalu berlaku dengan baik,,,,akan dipantaskan dalam pergaulan yang baik, dalam perkenalan, dalam hubungan dan bahkan dalam pernikahan yang baik …Amien ya Allah

  40. terima kasih buat semua komentar, lbh memperkaya tulisan saya.
    Syukron, met puasa semua. Mohon maaf jika ada salah2 kata :)

  41. Ping-balik: Wanita yang Baik untuk Laki-laki Baik

  42. setuju jika jodoh kita sesuai dng tingkat iman kita pd ALLah…mana ada cow yg derajat keimanannya tinggi menikah dengan wanita tak beriman…kalupun ada pasti wanita tersebut akan tertular iman suaminya…

  43. aku putus dengan pacarku umur 26 taun. setelah aku baca baca alquran nemuin surat An-Nur (26) ternyata ini to artinaya. Allah maha adil, ngertiin yangterbaik buat hambanya.

  44. mnta solusinya..,n dkrim d’emailq za…
    kn aq ge suka m sseorg,tp dy suka m org lain..,n org lain tu g suka m dya…,so…,bolehkah qt ttap mgharapkanya….??????????

  45. indarto budi prasetyo

    mantap bos…

  46. السلام عليكم……….
    makalahnya makalahnya di tambah lagi buat pengetahuan kita bersama..

  47. pa yg trkndung dlm surah itu?

  48. Saya oci, saya prempuan 23 th,saya adl seorg prempuan yg blm b'jilbab(akan b'jilbab dlm wkt dkt), mnrut saya dan tmn2,saya adl wnta yg standar amalany,sya sholat,puasa,ngaji namun msh dlm taraf yg standar,saya didekati oleh seorg ustad,dan kamipun jth cnt

    Kisah dan implikasi yg bagus :)

  49. Yunus Al Ayubi Khandaq

    be the best for ALLAH
    and ALLAH give the best for you
    salam ukhwah

  50. I agree with you… Allah tidak akan memberi pasangan sesuai dengan kapasitas akhlak dan perbuatan kita, Kalau ditelii para pasangan kalau ditelaah kerangka berfikir dan perbuatannya cenderung sama atau sejalan makanya bisa awet..

  51. I agree with you… Allah akan memberi pasangan sesuai dengan kapasitas akhlak dan perbuatan kita, Kalau ditelii para pasangan kalau ditelaah kerangka berfikir dan perbuatannya cenderung sama atau sejalan makanya bisa awet..

  52. Dari Anas ra. dari Nabi SAW. bersabda: ”Tiga perkara yang apabila terdapat pada diri seseorang, niscaya ia akan merasakan manisnya iman, yaitu: Hendaknya Allah dan rasul-Nya lebih dicintainya daripada yang lain. Hendaklah bila ia mencintai seseorang semata-mata karena Allah. Hendaklah ia benci untuk kembali kepada kekafiran sebagaimana ia benci kalau akan dicampakkan ke dalam api neraka.” (HR. Bukhari)

  53. mencintai seseorang semata-mata karena Allah, saya belum mengerti esensi kalimat tersebut, bagaimanakah yg disebut mencintai seseorang karena Allah ?

  54. sangat sulit memahami cinta karena allah jika kita tidak dekat dengannya, tapi pada dasar nya manusia diciptakan dengan naluri dan hasratnya, pada kenyataannya mayoritas mencintai lawan jenis itu muncul karena naluri dan perasaan diri sendiri, bukan karena allah, yang saya yakini jodoh itu abstrak, dan terjadi karena usaha dan takdir.
    “lakum diinukum waliyadin”

  55. Pda intixa….Allah psti mmberikn jlan n jodoh yg terbaik sesuai dengan prasangka kita kpda-Nya..
    Ingatlah…bhwa takdir yg sdh digariskan oleh-Nya dpat kita ubah dg niat n petunjuk dri-Nya pula…smwaxa kmbali kpda prasangka hamba2-Nya yg beriman…
    Rabb…beriknlah sllu petunjuk2-Mu agar hamba2-Mu mndptkan jodoh sesuai dg prasangkanya kpda-Mu..
    Amiiin Yaa Rabbal ‘alamiiin….

  56. , subhanallah,,, smoga aku jadi wanita yg soleha ,, agar aku mendapatkan pria yg soleh pula,, amien,, :)

  57. ???????………………

  58. nurul hidayati

    subhanalloh…menentramkan hati….perbaiki kualitas diri agar nanti bs mendapat yg “baik” untuk kita…amin……..;)

  59. Bissmillah,….saya setuju dengan ulasan di atas dan memang benar bahwa jodoh,rizky dan kematian sudah kehendak Allah SWT yg mengatur,..namun ada kejanggalan tentang ulasan tersebut mengenai seorang wanita nakal tidak boleh memimpikan pria seorang ustadz?apa benar?padahal ada sebagian perempuan yg nakal ingin berubah dan membayangkan mendapatkan suami seorang ustadz yg bisa memimbingnya.Dan semuanya atas kehendak Allah SWT

  60. hidayatrose_ar

    subhanallah…. janji allah itu pasti… dan tak pernah ada ingkar….

  61. salsabila putri

    setuju banget dgn tulisan ini
    makasih byk y

  62. asslmualaikum wr wbr
    apakah jodoh itu di tangan tuhan,,tpi ada juga yg berpendapat bahwa jodoh bukan di tngannya ALLAH,,misalkan ada jodoh di tangan ALLAH, trus apa sewh ayatnya,,,sekian wassalam

  63. assalamu’alaikum…
    setelah sy bca ulasan diatas hti sy mnjadi agak tenang,
    tp knp terkdang sy merasa takut untuk memilih pasangan hdup, dikrnakan sy pernah menglami troma yg menurut sy itu cukup berat, gmn caranya agar hal demikian tdk slalu membayang2i sy mohon solusi nya,,,

    triaksih
    wassalam..

  64. Assalamu’alaykumw2. Salam kenal sy Intan. Sy mau tny tapi kenyataannya berbeda misal ada wanita yg sholeha berjodoh dgn laki-laki yg tdk sholeh. Trus yg menyebabkan itu bisa terjadi apa? Thx

  65. Alhamdulillah…diskusi ini terus berjalan..tandanya bnyak muda mudi yg masih berpegang teguh pada Islam untuk memilih jodoh…
    Kalau saya blh b’pendapat..jgn ragu untuk selalu berdoa kepada Allah, krn kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, bisa saja takdir sdh digariskan, namun mungkin dg perbuatan kita menuju kebaikan,, garis itu akan berubah pula menjadi baik..yang kita lakukan hanyalah doa, usaha dan yakin bahwa Allah akan memberikan kita yang terbaik

  66. ane sangat setuju dengan ayat di atas….
    dan alhamdulillah ane merasa bahagia setelah membaca ayat tersebut.
    doakan ane ya semoga Allah menyiapkan wanita yg soleha buat ane sesuai dengan firman Allah SWT.

  67. bgi.. Aq yng di berikan allah itlah yg trbaik.. Krn wlw pintakuh pda allah adlah wnita yng lbih baik ahlak nxa dr pd aq.. Tp jk allah tdk menginginkn nya kta tdk akn mendpatkn nya.. Jd ap yng di brikan Allah pda kta itlah yng paling trbaik buat kta dan ketahuilah bhwa Allah slalu membri apa yng trbaik buat makhluk nya… Jd kta sbgai manusia hrus slalu brusha yng trbaik dan jngan prnh mrasah kcwa jka tdk sesuai ap yng kau hrpkn tp syukuri itu semua…

  68. aq suka bgt artiket di atas,
    sgt membantu saat2 krisis hidup terutama masalah asmara,
    Alloh maha tahu yg terbaik untuk hambaNya….
    terus berusaha memperbaiki diri

  69. Ping-balik: ARTIKEL SINGKAT CARA MENCARI PASANGAN DAN MERAIH KEBERHASILAN PERCINTAAN DALAM PERSPEKTIF LOGIKA DAN AGAMA « Pakdhe Wahyu Cupliz

  70. gan,,
    apakah pantas pria yang pernah berzina kemudian bertobat “tobatnya diterima atau tidak itu kuasa allah”dan sekang berusaha menjalankan syariat islam perlahan2,,
    apakaha pantas dia mengharapkan wanita bersih,,,,
    kalau memang yang kotor pasangannya yang kotor sama yang kotor yang bersih dengan yang bersih,, ane,, ikhlas jika nantinya wanita kotor jdi pendamping ane,,, ane aku mulai dari nol semuanya,,,

  71. mnta ijin copy kang…

  72. jodoh (rahasia Allah)

  73. terimakasih tulisannya, smg kita smua mjd pribadi yg lebih baik lagi untuk belahan jiwa kita sendiri nantinya… aamiin allahuma aamiin :)

  74. Asslamualaikum
    subhanallah maha besar Allah…
    maaf nh saya mau meminta saran,saya skrang lg menjalani hubungn dengan seorang laki2,emang sh belum lama tpi saya dari awal sudah komit klo pacaran ya untuk srius,tpi akhir2 ini sering berantem n dari awal juga sudah sama2 mmpunyai salah.
    saya bingung n sdikit ragu sama dy apa dy bener2 serius ato tidak k saya,tpi saya tidak mau khilangn dy juga krna saya sayank sma dy.apa saya salah klo berdoa meminta jodoh saya adalah dy n apa yang harus saya lakukn?

  75. Katanya Jodoh sdh diatur oleh Tuhan. Lantas bgmn dgn perawan tua yg tdk kawin2 hal itu banyak sy temui. Mohon penjelasan dari tmn2 ?

  76. mungkin dia tidak berusaha atau usahanya kurang dan tidak mau menikah, Allah mengikuti dan mengijinkan atau mengabulkan kehendak perawan tua itu…

  77. Assllikum…pada saaf ni kesunyian ku hadir menyinari hidup ini , Bawan daku ke syurga mu ,membuka pintu -pintu mahligai mencium wangian kasturi yg segar ,masuk setiyak nafas yg di dalam hati ni.Bawalah daku ke syura ingni ku pinta nama mu dan namaku Besatu dalam buih-buih bahgia.

  78. Dengan meyakini Akhirat sebagai satu paket dengan kehidupan dunia, maka kita juga akanmemahami mengapa ada manusia-manusia yang yang baik tetapi di dunia ini berjodoh dengan manusia-manusia yang brengsek, dan ternyata akhirnya sebagian diantara mereka bercerai. Tentang fenomena ini kita yakini bahwa Allah sedang mengujinya dengan orang yang buruk, apakah ia bersabar? Jika Allah berkenan, maka kelak (masih di dunia) Allah akan menggantikan pasangan hidupnya dengan yang baik. Atau karena kesabarannya di dunia maka kelak Allah akan memberikan ganjaran padanya dengan berlipat ganda. Contoh yang disebutkan Allah dalam Al Qur’an adalah kisah wanita utama yang bernama Asiah istri Fir’aun (manusia terzalim dan terkafir yangpernah ada). Doanya di dunia ini diabadikan oleh Allah dalam QS 66 ayat 11. Asiah tahu bahwa kesabarannya atas ujian Allah menjadikannya istri orang kafir dan zalim akan mendapat ganjaran di Surga, dan karena itu ia minta perlindungan Allah agar tidak kena makar Fir’aun dan agar ia diberi rumah di Surga (sebagai ganti kemuakannya atas istana megah fir’aun di dunia). Hikmah menagapa Allah menguji Asiah menjadi istri orang jahat adalah berhubungan dengan kisah Nabi Musa AS yang lahir dari keluarga miskin, yang jika tetap dibesarkan sebagai anak keluarga miskin bukan saja tak bisa mendapatkan pendidikan yang baik yang dibutuhkannya untuk kelak memimpin ummat, namun juga tak akan punya kesempatan hidup. Adalah Asiah (yang disayangi Fir’aun) yang membujuk Fir’aun untuk mengangkat bayi dalam keranjang yang ditemukan di sungai Nil sebagai anak angkat mereka. Padahal Fir’aun telah memerintahkan membunuh semua bayi bani Israil yang lahir tahun itu karena sudah dapat bocoran berita (lewat tafsir mimpi) bahwa kekuatannya akan dihancurkan oleh seorang pria bani Israil yang lahir di tahun itu. Malah Allah mengirim Nabi Musa langsung ke istananya dan di sana sudah menanti rencana Allah, dengan pemainnya adalah Asiah Binti Muzahim (Asiah ini juga Bani Israil yang dijadikan selir Fir’aun karena kecantikannya, selama di istana Fir’aun ia tetap beriman dan ialah yang mendidik Nabi Musa AS bersama budak Maisarah dan ibunda Nabi Musa sebagai ibu susu bayaran).Kisah ini bisa anda jadikan sebagai pelajaran bahwa Allah lebih tahu hikmah-hikmah peristiwa, yang karena kesabarannya menjalankan takdir Allah di dunia menjadi istri orang jahat, Asiah malah mendapatkan karunia diangkat Allah sebagai wanita terbaik sepanjang zaman.

    Kisah yang sebaliknya anda temukan justru di ayat sebelumnya, yaitu tentang jodoh dua orang Nabi Allah di dunia, yang kedua wanita itu adalah wanita terjahat sepanjang zaman (istri Luth dan istri Nuh).

  79. Asslmlkm..
    Saya tertarik dengan tulisan Anda.. bagus.. ^^
    Sedikit tambahan menurut pendapat saya disini Allah TIDAK mentakdirkan dan hanya bersifat Ajuran, Allah SWT seperti memberikan gambaran agar memilih jodoh itu yang baik.. Ini seperti smartphone yg ditujukan untuk orang2 smart, apakah harus orang smart yg memilikinya?? Bahkan anak kecilpun punya.. jadi TIDAKLAH PASTI orang baik mendapat pasangan baik.. itu pilihan mereka, bukan ketetapan.. maka jangan heran jika orang Baik mendapat pasangan Buruk sehingga mereka bercerai, tidak harmonis, kacau.. apakah itu karena mereka sama2 orang Buruk?? tentu tidak.. itu hanya cobaan.. Trus untuk yang bertanya Seorang ustadz dengan pelacur, “baik dimata Allah itu belum tentu baik dimata manusia”.. bahkan Ada ustadz yg kelihatannya baik2 tapi Nauzubillah kelakuannya..
    kira2 seperti itulah tafsir Ayat menurut saya.. kalau salah yah namanya juga pemula ^^
    cukup sebatas itu dulu kemampuan saya, soal motivasi seseorang menikah untuk Allah, terkadang ada juga dan itu dapat dibahas dikemudian artikel.. seperti seseorang pezina insyaff karena menikah dengan orang shaleh.. itu bagus dan inspiratif.. Wallahualam,,
    wslm

  80. saya ingin merubh diri saya karna Allah, bukan karna jodoh
    moga aja Allah memberikan jodoh yg terbaik kpd sy
    Amiin y’Allah

    tolong do.anya my frend

  81. Saya setuju karna yg baik hanya untuk yg baik,,,

  82. saya rasa biarlah semua ito berjalan laksana air mengalir saja ,,insyaallah akan lebih indah ,,,so ,,yang masih kuliahh fokus aja kuliah ,, masalah jodoh ito tergantung pada kita .. gak sah mengkhayal terlalu tinggi dehhh ,,mau jodoh yg wow super duper apalah ,,, karena jodoh kita besok gak jau bedah dari kita saat ini ,, wallahu ta’alaa’lam ^_^

  83. Jodoh adalah rahasia Allah Swt, kita hanya berikhtiar. Mari kita menyibukkan diri dengan senantiasa berusaha untuk menjadi insan yang baik, sembari senantiasa berdoa untuk mendapatkan jodoh yang terbaik :) :)

  84. iya,,,aku setuju banget
    tapii,,, apakah cewe atau cowo yang dulunya nakal akan dapat cowo/cewe yang baik?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s