Hadits-Hadits Cinta

Setiap orang pasti pernah merasakan dan mengalami cinta, suatu perasaan yang membuat hidup ini penuh arti, penuh rasa, dan membuat hidup ini menjadi dinamis. Kita telah mengenal cinta sejak kita dilahirkan, saat itu kita mencintai (maaf) puting susu ibu karena dari situlah sumber kebutuhan biologi kita tercukupi. Setelah itu kita tumbuh menjadi seorang bocah yang bisa merasakan kasih sayang kedua orang tua dan kitapun mencintai mereka. Setelah itu kita tumbuh menjadi remaja yang telah baligh dan mulai mempunyai rasa ketertarikan terhadap lawan jenis, kemudian kita menjadi dewasa yang telah menemukan jatidiri sehingga apa yang kita cintaipun menjadi beragam; ada yang cinta harta, kekuasaan, ilmu, popularitas, dll.

Setiap orang bisa saja memiliki makna yang berbeda-beda tentang cinta, hal tersebut adalah wajar karena pengalaman dan pengetahuan tentang cinta mereka juga berbeda. Namun, marilah sejenak kita melihat arti cinta dari dua tradisi dunia yang berbeda, yaitu dunia barat dan dunia timur. Dari dunia barat kita mengenal cinta dengan sebutan ”love”. Cinta disini diartikan sempit sebagai suatu hubungan dua individu yang umumnya berakhir dengan suatu aktivitas seksual, jadi cinta itu adalah hubungan seksual. Menurut Dr. Shahba’ Muhammad Bunduq dalam bukunya ”Kaifa Nafham al-Hubb”, orang barat mengangap tidak ada perbedaan antara perasaan hati dan kenikmatan fisik. Bahkan mereka biasa menyebut berhubungan intim antara laki-laki dan perempuan dengan sebutan ”making love”; bercinta. Berbeda dengan budaya timur, yang diwakili oleh bangsa Arab, cinta disebut ”al-hubb” (yang menjadi nama dari blog ini :)), yang berarti mencakup perasaan secara umum, dan tidak hanya terbatas pada pengertian dangkal yaitu hanya sebatas hubungan fisik antara pria dan wanita. Meskipun hubungan antara pria dan wanita terkandung dalam kosa kata tersebut, tetapi ia dibarengi dengan makna-makna yang menunjukkan kehangatan. Sebagai orang Indonesia, seharusnya kita menganut pengertian cinta dari budaya timur ini.

Perasaan cinta bisa menjadi suatu jalan kebahagiaan yang tiada tara bagi seorang manusia, pun bisa menjadi suatu siksaan yang amat menyakitkan; semua tergantung dari cara kita memandang dan meraih cinta. Ajaran Islam telah mengatur umatnya dalam mengamalkan cinta. Jika Kang Abik telah memberikan sebagian contoh ayat-ayat cinta, maka saya akan melengkapi dengan hadits-hadits cinta yang pastinya shahih, hadits tersebut antara lain:

Dari Anas ra. dari Nabi SAW. bersabda: ”Tiga perkara yang apabila terdapat pada diri seseorang, niscaya ia akan merasakan manisnya iman, yaitu: Hendaknya Allah dan rasul-Nya lebih dicintainya daripada yang lain. Hendaklah bila ia mencintai seseorang semata-mata karena Allah. Hendaklah ia benci untuk kembali kepada kekafiran sebagaimana ia benci kalau akan dicampakkan ke dalam api neraka.” (HR. Bukhari)

Penjelasan
Nabi SAW. menjelaskan bahwa ada tiga hal yang apabila diamalkan oleh seseorang maka ia akan merasakan manisnya iman. Manis disini menunjukkan arti nikmat, senang, suka terhadap iman. Apabila seseorang merasa nikmat terhadap sesuatu maka ia tidak akan rela apabila sesuatu itu lepas dan hilang dari dirinya, apalagi kenikmatan itu adalah kenikmatan iman, suatu anugerah terbesar yang seharusnya kita syukuri dan harus benar-benar dipertahankan sampai akhir hayat kita. Jika kita berhasil mempertahankan iman sampai ajal menjemput, maka demi Allah, surga telah menanti kita. Tiga hal yang dapat menimbulkan manisnya iman tersebut adalah;

1. Mencintai Allah dan rasul-Nya melebihi kecintaan terhadap yang lain
Mencintai Allah dan rasul-Nya harus kita tempatkan pada urutan teratas dari daftar siapa yang kita cintai. Mencintai Allah dan rasul-Nya berarti kita bertaqwa dengan sebenar-benarnya taqwa kepada Allah, menuntut ilmu yang berkenaan dengan sunnah Rasulullah SAW. dan mengamalkannya. Kepentingan Allah dan rasul-Nya harus kita jadikan prioritas utama dibandingkan dengan urusan lain.
Orang yang mencintai Allah dan rasul-Nya melebihi kecintaan lainnya akan memperoleh kenikmatan yang kekal. Sebaliknya orang yang mencintai sesuatu melebihi kecintaannya terhadap Allah dan rasul-Nya hanya akan memperoleh kenikmatan nisbi (sementara).

2. Mencintai seseorang karena Allah
Agama mengajarkan cinta dan benci itu bukan karena orangnya, tetapi karena perbuatannya, apakah ia mengikuti ajaran Allah atau malah menyimpang dari ajaran Allah. Jika kita mencintai karena orangnya, seperti karena ia cantik/tampan, atau karena ia kaya, dll.; maka sangat besar kemungkinan kita akan terbutakan oleh cinta itu, sehingga tidak lagi dapat membedakan antara yang baik dan buruk. Jika kita mencintai seseorang karena ia mengikuti ajaran Allah, maka insyaallah hidup kita akan lebih berkualitas karena setiap saat kita akan berusaha memperbaiki diri untuk senantiasa bersama mendekatkan diri kepada Allah.

3. Benci kepada kekufuran seperti benci jika dicampakkan ke dalam api neraka.
Siapapun orangnya, pasti tidak akan mau apabila dimasukkan ke dalam api neraka yang di dalamnya penuh dengan siksaan yang tak pernah kita bayangkan. Dalam suatu riwayat diceritakan oleh Nabi SAW. bahwa siksaan paling ringan dalam neraka adalah seseorang yang cuma berdiri sedangkan otaknya mendidih karena panasnya neraka, na’udzubillah min dzalik. Satu syarat terakhir agar kita bisa merasakan manisnya iman adalah kita harus punya semangat untuk menjauhi kekufuran sama seperti semangat kita untuk tidak mau dimasukkan ke dalam neraka.
Kufur artiya menolak kebenaran, dan orang yang menolak kebenaran dalam Islam disebut kafir. Orang kafir menolak kebenaran, atau perintah Allah, dan mengikuti keinginan hawa nafsunya sendiri.

Wallahu a’alam bishshawab. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, amin.

Nantikan hadits selanjutnya tentang cinta terhadap selain Allah, berapakah kadar yang seharusnya kita berikan pada dia….. CU :)

54 responses to “Hadits-Hadits Cinta

  1. Rinie bertamu iaaa^^

  2. assalamualaikum..
    hmmmm….
    bagus banget kak…
    kira2 kang abik tau g ea???
    jgn2 ntar ada novelna lg..
    xixiixix

    terus berkarya dan berdakwah…
    ^_^
    wassalam

  3. ubaidillah arrasyid

    memang benar,jadi bisa saya katakan jika ada cinta melebihi cinta nya terhadap Allah disebut BERHALA.jika melebihi

  4. bagus bagus karyanya.terus berkarya ya

  5. Bgus sekali, kira-kira kapan ya cinta kepada selain manusia akan dibahas?

  6. Gadiz eanx ceudyu

    Bagus bgt..lw bsa tambah lg hadits’y kak

  7. Thanks ya artikelnya bagu2 n sangat menambah wawasan

  8. assalamualaykum warrahmatullahi wabarrakatuh

    izin copas boleh kah?

  9. subhanallah

    bagus mass

  10. mantaps,,dan Lanjutkan

  11. Zakia drajat putri

    As..
    hUpz….artikelnya bgus n mdh d pahami.
    d tnggu yg slnjutnya.
    Tetap berkarya yach

  12. Rita Heryanti

    AssaLamUaLAikuM

    aRtikeL nA BgUs BnGet ..
    Hmm,,,,
    BwT yG laEn Lg DunKKKKKKK??????????

  13. assalamualaikum…
    kang abik,Artik3l m3uni bAgus pisan..

  14. subhanallah..
    boleh ijin copas..??

  15. TO -mu sahabat-sahatku……….,ayoh perjuangkan cinta dalm diri kita&jga pd smua mkhluk Allah,sayangilah,cintailh…………,demi meraih……….,keharmonisan dalm cinta to sendiri,jngan biarkn cnta to noda,…siramilah cinta dgn kasih sayang,ketulusan hati,etika,moral,tutur kata,sopan santun,……….pergaulilah cinta dgn penuh kesabaran,smg kita mendapat cinta tertinggi & kasih sayang dri Allah SWT.amin

  16. ketika cinta di arahkan to kebaikan & djdikan sbg sarana to mndatangkn mnfaat,mka cinta akn mjd iktan trkuat dlm mjga keutuhan kluarga&persatuan msyrakat,mmbangun tta kehidupan,mnciptkn suasna aman&tntram,menebarkn rahmat&kasih sayng,srta mwjudkn kmkmuran di 4 pnjru mata di bumi ini.

  17. salut,,,kata-katanya bermakna dan bermanfaat…izin copas ya khi?

  18. Asm. Saya minta izin meng copy isi hadist2 di atas buat di masukkan juga ke blogku, karna isinya sangat bagus. makasih ya sebelumnya,,,!

  19. subhanallah,alangkah indah nikmat iman itu.cinta d atas cinta,qt mencintai permaisuri hati qt sndri……………..harus d bawah k cintaan qt trhdp allah swt &Rasulallah salallahualaihi wassallam.ok by ovq

  20. SUBHANALLAH,,,
    na’am ,,,
    semua itu sangat benar sekali,,,

    semoga allah senantiasa menjadikan cinta kita semua sebagai cinta yang nur illahi….

    AMIIN…. !!!

  21. subhanalloh,,,

    .
    cinta seperti itulah yang takkan pernah punah…
    .banyak tauladan yang harus kita turuti dari cinta yang seperti itu
    .

    Semoga alloh senantiasa menjadikan cinta kita
    seperti cinta itu,,,

    amiin…..

  22. Asslm…….
    Sblm@ sorry y. cinta kepada orang tua kok ndak ada ditulisin y………???
    makasiiiiihhhhh

  23. subhanallah…. keren!! ijin copas ya kak! ^^

  24. Nice Blog Akh…

    Izin mengutip yach… sumber tetep dari sini …

  25. sip……….. nice blog..

  26. cintailah pasangan hidup mu dgan ketulusan jagalah dia dan cintailah jagan qta nodai cinta dgan nafsu belaka karna khdupan dunia hanya sementara tidak akan kekal jgan lah qta termasuk org yg merugi

  27. subhanallah…. Saya minta izin meng copy isi hadist2 di atas buat di masukkan juga ke blogku, karna isinya sangat bagus. makasih ya sebelumnya,,,!wasalamu’alikum,wr.wbt.

  28. asma albantani

    ye tu bang, betul…betul…
    bnyaknya cnta zmn skarg tu, di slah artikan. aneh2 aje, masa pacran smpe hamil, masa pcran ampe pelukan naudzubillah… tugas kite tu bang gimane caranye ye…??? biar pcrannya ga pade ngrusak dirinye…

  29. yunus alamsyah

    subhallah sunggauh sangat menyentuh qalbu, singgah di blog ku ya

    http://haditshaditscinta.blogspot.com/2011/06/hadits-hadits-cinta.html#comment-form

  30. salam kenal gan

  31. salam…xleh share ke???

  32. Manusia Adalah mahluk ciptaan Tuhan yg dekat dgn ksempurnaan,,, sebab itu mereka di bekali akal untuk mnfilter sesuat yg baik dan yg bruk… dan berikanx cinta untuk mengenal sesamanya,,,, semua ini di amahkan semata2 krna kita manusia adalah hamba Allah,,, yg mnjdi abdi di dunia,,,olehnya itu bentuk pengabdian kita kepadax dengan mencintai cptaanx dan menjaga Buminya.

  33. terus gmna sih caranya biar kita bs cinta karena Allah,, bkn krna cantik n pokokya smata

  34. Nice article :) thks for sharing ya..
    Btw, cinta tidak akan habis jika dibahas. Benar begitu ??

  35. amzulkarnain has

    subhanallah maha suci ALLAH SWT yang menciptakan CINTA dan dianugerahkan pada manusia

  36. andai aku bisa mencintai dengan cinta yang dimaksud maka aku akan mencintai sesama dengan atas nama ALLAH saja, tapi rupanya itu sangatlah butuh keikhlasan dalam melakukannya

  37. kul inkuntum tuhibbunallaha fattabi’unii yuhbibkumullah, jika engkau mencintai (cinta ) karena (kepada) ALLAH SWT maka ikutilah (cintailah) aku kata RASULULLAH SAW maka engkau akan tergolong orang2 yang dicintai oleh ALLAH SWT

  38. subbhannalah bgs bngt ceritanya
    aku mau bca lg y kang

  39. kang artikelya buat saya lebih adem karna saya lagi kena penyakit cinta,, v cintanya tidak yang di ajarkan dlm alquran,, thanks yua kang

  40. ka mantep x artikel’a lain x lebih mantep lg y kak???????????

  41. aNdeuch kang sae euy..

    kpan ea,, aku th d tembak ma cwok v dgn alesan karna Allah .
    adem kali ea ke Hati teh bRrr , . .

  42. semoga saja ku dapat yang terbaik amin,,,,
    artikelnya bagus bgt kak,,,,

  43. makasih atas artikel yang bagus ini

  44. semoga bermanfa’at bagi kita semua,, Amiiin

  45. SUBHANALLAHHHHHH

  46. Subhanallah,, mantap kali nasehatnya :)

  47. insya allah manfaat….

  48. font silau. entah fint atau bagrounya yang kurang tepat

  49. sya hrap d tmbah sesi tanya jwab tntang cinta,barangkali ada mreka yg btuh saran atau pendapat tntang cinta yg mreka alami.sprt halnya sahabat yg saling mengingatkan

  50. subhanalloh ,indahnya jika cinta dengan memakai aturan islam

  51. Islam adalah agama yang sempurna, dan mengatur segala aspek kehidupan manusia, pun termasuk urusan mencintai. baik itu cinta kepada Sang Khalik, dan juga kepada sesama manusia :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s