Save Our Love (Hadits Cinta Ketiga)

”Cintailah orang yang engkau cintai itu sekedarnya saja, sebab barangkali suatu hari dia akan menjadi orang yang engkau benci, dan bencilah orang yang tidak engkau sukai itu sekedarnya saja sebab barangkali suatu hari dia akan menjadi orang yang kamu cintai” (HR. Turmidzi)

Yang mendorong saya untuk menyampaikan hadits ini adalah keprihatinan saya atas kondisi cinta anak muda saat ini. Mereka begitu mencintai seorang yang disebut pacar dengan sangat berlebihan. Mereka bisa memberikan segalanya pada kekasihnya, apapun yang dimintanya termasuk sesuatu yang tidak seharusnya diberikan, dengan dalih cinta. Semua itu sangat mungkin akan berujung pada penyesalan panjang. Padahal pacar itu belum tentu akan menjadi orang yang sah menjadi istri atau suaminya nanti. Jika ada yang mengatakan pasti, berarti dia telah mendahului takdir Allah. Kalo sudah begini, apa tidak berpeluang membuat Allah marah? ”Lah kok sok tahu banget, emang Tuhannya siapa?” kata Allah (dengan bahasa kita tentunya). Nah, jika Allah marah, kemudian Dia merubah perasaan masing-masing; yang semula cinta menjadi benci, apa yang akan terjadi? Sakit hati, ya toh?? Mudah bagi Allah untuk merubah apa yang ada di dalam hati hamba-Nya karena Dia adalah Muqallibal Qulub, Sang Pembolak-balik hati.

Sudahlah sobat, klo belum waktunya gag usah ngasih cinta yang gede-gede. Lagian ngapain kita ngasih cinta pada orang yang gag seharusnya kita kasih? Cinta kita terlalu suci untuk dibagi pada seorang yang tidak jelas apakah dia takdir kita atau bukan. Cinta itu hanya boleh ada setelah akad nikah, ato minimal beberapa hari sebelumnya untuk lebih memantapkan hati pada pilihan.

Wallahu a’lam bishshawab.

Pasti masih banyak lagi hikmah dari penerapan hadits ini dalam dimensi kehidupan yang lain. Saya yakin teman-teman lebih kreatif, silakan berekspresi atas hadits dari Imam Turmidzi ini, syukron.

Semoga bermanfaat.

About these ads

25 responses to “Save Our Love (Hadits Cinta Ketiga)

  1. yup… setuju….
    ^_^

    enakan pacaran abis nikah
    dah halal… jauh dr dosa
    dan g nanggung lagi..
    xixixi
    ^_^

    terus berkarya dan berjihad..

    salah ukhuwah
    ^_^

  2. setuju bangetzzz…

    mending konsentrasi dulu makuliah dan amanah yang lebih utama…

    mikir and ngurus diri sendiri ja belu tentu beres..

    kok mau ngurus anak orang…

    kalu udah siap mah monggo2 aja…

    tapi kalu masih nodong ortu, mendingan belajar dulu ja deh…

  3. sepetinya hampir semua orang akan setuju

    dengan kalimat tersebut..

    sesuatu yang berlebihan memang tidak baik..

  4. tq…salam kenal jugaa..
    postinganx baguss

  5. tq…salam knal jugaa..
    postingannya okee

  6. tul..setujuh2..

    tar2 aja pacarannya,.klo udah nikah…

  7. boleh tak copy ga??

  8. @ Andita, Sok atuh neng… :)

  9. moga aq gk jth cnt lg deh..

  10. subhanallah…sangat menginspirasi… jazakallah…. izin copy paste ya…hehe…

  11. iya sahih,akhy….
    jangan terlalu cinta ma orang yang belum pasti…
    kalo dah di pelaminan ya ga apa2 hehe….
    dan hanya cinta kepada alloh-lah yang abadi

  12. Thank’s telah mengingatkan kita2…BTW hadist-nya ada yang salah tulis tu….he he he ….

  13. Vebrianita Rahma

    Syukron.. makasih ya buat sang penulis. Semoga bermanfaat buat para muslim muslimah di Indonesia.

  14. @ Usman, syukron Bro. Sdh dibetulkan, hehehe
    @ Vebrianita, la syukron ‘ala wajib :-)
    @ All, makasih perhatiannya

  15. disaat kita merasakan yg nama-nya cinta kpd siapapun termasuk orang tua kita atau pendmpin hidup kita,tapi jg sampaikan menomor duakan cinta kita kpd ALLAH.

  16. kalo kita berbicra tentang cinta……..mka kita hrus tau dlu apa to arti cinta :……………,cinta adlh……….,perasaan jiwa,getaran hati,& terpautnya hati orang yg mncintai pd pihak yg dicintainya.cinta bbg sarana to meraih hasil yg baik &mulia guna meraih kehidupan sbgmn khdupan orang-orang pilihan7suci srta orang-orang yg bertqwa&sll brbuat baik…….

  17. izin copas,,,

    salam kenal…

  18. kang saya copas untuk grup di FB ya,,, isi nggak diubah sama sekali,,, sumber juga dicantumkan,,, di http://www.facebook.com/group.php?gid=79855008565

  19. @ buat yg copas, sok ajah :D

  20. izin share di FB saia, syukran ^_^

  21. BEner Banget,,,,

    Cinta jangan terlau berlebihan,,
    dan pacar belum tentu akan menjadi pendamping hidup kita kelak,,

    takdirlah yang menentukan jodoh dan segalanya,,
    berserahlah kepada Allah SWT,

  22. tul banget… jangan berikan cinta qt buat yang belum pasti… saaakittttt jadinya….

  23. cinta itu hanya boleh ada setelah akad nikah.betul betul betul….izin copas trimakasih

  24. cinta itu hanya boleh ada setelah akad nikah,bener sih tapi pernikahan tanpa ada cinta itu………hehe,semoga semua berjdoh dg se2org yg saling mencintai kita karna Alloh Amin,betul tidak kak penulis!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s